News
Home » Hujjah Aswaja » Memakai Jimat
Untitled-2
Memakai Jimat

Memakai Jimat

Terkadang dapat ditemukan ada anak kecil yang dikalungi jimat karena hal-hal tertentu. Bolehkah menggunakan azimat baik anak kecil atau yang berkaitan dengan hal lainnya? Bagi selain Nahdliyin sudah pasti dihukumi haram, bahkan syirik. Namun masalah ini perlu jawaban yang obyektif antara ulama yang memperbolehkan dan yang melarang, serta dalilnya masing-masing.

Memang ada hadis yang melarang tentang jimat, yaitu:

ุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ุฑู‘ูู‚ูŽู‰ ูˆูŽุงู„ุชู‘ูŽู…ูŽุงุฆูู…ูŽ ูˆูŽุงู„ุชู‘ููˆูŽู„ูŽุฉูŽ ุดูุฑู’ูƒูŒ

โ€œSesungguhnya ruqyah (pengobatan dengan doa), jimat dan tiwalah (sejenis susuk daya pikat) adalah perbuatan yang meyebabkan syirikโ€ (HR Ahmad, Abu Dawud, Ibnu Majah, al-Hakim, al-Baihaqi dan Abu Yaโ€™la)

Akan tetapi Rasulullah menjelaskan selama tidak mengandung unsur syirik hukumnya boleh. Disebutkan dalam hadis::

ูƒูู†ู‘ูŽุง ู†ูŽุฑู’ู‚ููŠ ูููŠ ุงู„ู’ุฌูŽุงู‡ูู„ููŠู‘ูŽุฉุŒ ููŽู‚ูู„ู’ู†ูŽุง: ูŠูŽุง ุฑูŽุณููˆู’ู„ูŽ ุงู„ู„ู‡ูุŒ ูƒูŽูŠู’ู ุชูŽุฑูŽู‰ ูููŠ ุฐูŽู„ููƒูŽุŸ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ย ุงุนู’ุฑูุถููˆุง ุนูŽู„ูŽู‰ู‘ูŽ ุฑูู‚ูŽุงูƒูู…ู’ ู„ุงูŽ ุจูŽุฃู’ุณูŽ ุจูุงู„ุฑู‘ูู‚ูŽู‰ ู…ูŽุง ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽูƒูู†ู’ ูููŠู’ู‡ู ุดูุฑู’ูƒูŒ

โ€œKami melakukan ruqyah saat kami di masa Jahiliyah. Kami bertanya: โ€œWahai Rasulullah, bagaimana pendapat anda tentang ruqyah?โ€ Rasulullah menjawab: โ€œBerikan ruqyah kalian padaku. Tidak apa-apa dengan ruqyah, selama tidak mengandung kesyirikanโ€ (HR Muslim, Abu Dawud, Ibnu Hibban dan al-Hakim dari Auf al-Asyjaโ€™i)

Berikut khilafiyah dari para sahabat dalam masalah ini:

ูˆูŽู‚ูŽุฏู’ ุงูุฎู’ุชูŽู„ูŽููŽ ูููŠ ุฐูŽู„ููƒูŽ ุฃูŽู‡ู’ู„ู ุงู„ู’ุนูู„ู’ู…ู. ู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู„ุณู‘ูŽูŠู‘ูุฏู ุงู„ุดู‘ูŽูŠู’ุฎู ุฃูŽุจููˆ ุงู„ุทู‘ูŽูŠู‘ูุจู ุตูุฏู‘ููŠู‚ู ุจู’ู†ู ุญูŽุณูŽู†ู ุงู„ู’ู‚ูŽู†ููˆุฌููŠู‘ู ูููŠ ูƒูุชูŽุงุจูู‡ู ุงู„ุฏู‘ููŠู†ู ุงู„ู’ุฎูŽุงู„ูุตู: ุงูุฎู’ุชูŽู„ูŽููŽ ุงู„ู’ุนูู„ูŽู…ูŽุงุกู ู…ูู†ู’ ุงู„ุตู‘ูŽุญูŽุงุจูŽุฉู ูˆูŽุงู„ุชู‘ูŽุงุจูุนููŠู†ูŽ ููŽู…ูŽู†ู’ ุจูŽุนู’ุฏูŽู‡ูู…ู’ ูููŠ ุฌูŽูˆูŽุงุฒู ุชูŽุนู’ู„ููŠู‚ู ุงู„ุชู‘ูŽู…ูŽุงุฆูู…ู ุงู„ู‘ูŽุชููŠ ู…ูู†ู’ ุงู„ู’ู‚ูุฑู’ุขู†ูุŒ ูˆูŽุฃูŽุณู’ู…ูŽุงุกู ุงู„ู„ู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ ูˆูŽุตูููŽุงุชูู‡ูุŒ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽุชู’ ุทูŽุงุฆูููŽุฉูŒ : ูŠูŽุฌููˆุฒู ุฐูŽู„ููƒูŽุŒ ูˆูŽู‡ููˆูŽ ู‚ูŽูˆู’ู„ู ุงูุจู’ู†ู ุนูŽู…ู’ุฑููˆ ุจู’ู†ู ุงู„ู’ุนูŽุงุตูุŒ ูˆูŽู‡ููˆูŽ ุธูŽุงู‡ูุฑู ู…ูŽุง ุฑููˆููŠูŽ ุนูŽู†ู’ ุนูŽุงุฆูุดูŽุฉูŽุŒ ูˆูŽุจูู‡ู ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฃูŽุจููˆ ุฌูŽุนู’ููŽุฑู ุงู„ู’ุจูŽุงู‚ูุฑู ูˆูŽุฃูŽุญู’ู…ูŽุฏู ูููŠ ุฑููˆูŽุงูŠูŽุฉูุŒ ูˆูŽุญูŽู…ูŽู„ููˆุง ุงู„ู’ุญูŽุฏููŠุซูŽ ูŠูŽุนู’ู†ููŠ ุญูŽุฏููŠุซูŽ ุงูุจู’ู†ู ู…ูŽุณู’ุนููˆุฏู ู‚ูŽุงู„ูŽ: ุณูŽู…ูุนู’ุช ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‡ู g ูŠูŽู‚ููˆู„ู ุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ุฑู‘ูู‚ูŽู‰ ูˆูŽุงู„ุชู‘ูŽู…ูŽุงุฆูู…ูŽ ูˆูŽุงู„ุชู‘ููˆูŽู„ูŽุฉูŽ ุดูุฑู’ูƒูŒ ุฑูŽูˆูŽุงู‡ู ุฃูŽุญู’ู…ูŽุฏู ูˆูŽุงุจู’ู†ู ู…ูŽุงุฌูŽู‡ู’ ูˆูŽุงุจู’ู†ู ุญูุจู‘ูŽุงู†ูŽ ูˆูŽุงู„ู’ุญูŽุงูƒูู…ู ูˆูŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุตูŽุญููŠุญูŒุŒ ูˆูŽุฃูŽู‚ูŽุฑู‘ูŽู‡ู ุงู„ุฐู‘ูŽู‡ูŽุจููŠู‘ู ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ุชู‘ูŽู…ูŽุงุฆูู…ู ุงู„ู‘ูŽุชููŠ ูููŠู‡ูŽุง ุดูุฑู’ูƒูŒ. ูˆูŽู‚ูŽุงู„ูŽุชู’ ุทูŽุงุฆูููŽุฉูŒ: ู„ูŽุง ูŠูŽุฌููˆุฒู ุฐูŽู„ููƒูŽ ูˆูŽุจูู‡ู ู‚ูŽุงู„ูŽ ุงูุจู’ู†ู ู…ูŽุณู’ุนููˆุฏู ูˆูŽุงุจู’ู†ู ุนูŽุจู‘ูŽุงุณู ูˆูŽู‡ููˆูŽ ุธูŽุงู‡ูุฑู ู‚ูŽูˆู’ู„ู ุญูุฐูŽูŠู’ููŽุฉูŽ ูˆูŽุนูู‚ู’ุจูŽุฉูŽ ุจู’ู†ู ุนูŽุงู…ูุฑู ูˆูŽุงุจู’ู†ู ุนููƒูŽูŠู’ู…ูุŒ ูˆูŽุจูู‡ู ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฌูŽู…ูŽุงุนูŽุฉูŒ ู…ูู†ู’ ุงู„ุชู‘ูŽุงุจูุนููŠู†ูŽ ู…ูู†ู’ู‡ูู…ู’ ุฃูŽุตู’ุญูŽุงุจู ุงูุจู’ู†ู ู…ูŽุณู’ุนููˆุฏู ูˆูŽุฃูŽุญู’ู…ูŽุฏูŽ ูููŠ ุฑููˆูŽุงูŠูŽุฉู ุงูุฎู’ุชูŽุงุฑูŽู‡ูŽุง ูƒูŽุซููŠุฑูŒ ู…ูู†ู’ ุฃูŽุตู’ุญูŽุงุจูู‡ู. ูˆูŽุฌูŽุฒูŽู…ูŽ ุจูู‡ู ุงู„ู’ู…ูุชูŽุฃูŽุฎู‘ูุฑููˆู†ูŽ ูˆูŽุงุญู’ุชูŽุฌู‘ููˆุง ุจูู‡ูŽุฐูŽุง ุงู„ู’ุญูŽุฏููŠู’ุซู ูˆูŽู…ูŽุง ูููŠ ู…ูŽุนู’ู†ูŽุงู‡ู (ุชุญูุฉ ุงู„ุฃุญูˆุฐูŠ – ุฌ 5 / ุต 349)

โ€œUlama berbeda pendapat dalam masalah jimat yang berupa ayat al-Quran, nama-nama Allah dan sifat-Nya, baik dari kalangan sahabat, tabiin dan sebagainya. Sekelompok ulama berkata: Boleh, yaitu pendapat Abdullah bin Amr bin Ash, juga Aisyah, Abu Jaโ€™far al-Baqir dan Ahmad dalam satu riwayat. Mereka menilai bahwa hadis tentang ruqyat, jimat dan daya pikat syirik, adalah jimat yang di dalamnya ada unsur kesyirikan. Sekelompok ulama yang lain berkata: Tidak boleh, yaitu pendapat Ibnu Masโ€™ud, Ibnu Abbas, Hudzaifah, Uqbah bin Amir, begitu pula sekelompok Tabiin dari murid-murid Ibnu Masโ€™ud, Ahmad yang dipilih oleh banyak muridnya. Begitu pula ditegaskan oleh ulama kalangan akhir dan mereka berhujjah dengan hadis tadiโ€[1]

Berkenaan dengan anak kecil yang memakai kalung jimat untuk meminta perlindungan kepada Allah, adalah berdasarkan riwayat berikut:

 

ุนูŽู†ู’ ูŠููˆู’ู†ูุณูŽ ุจู’ู†ู ุฎูŽุจู‘ูŽุงุจู ู‚ูŽุงู„ูŽ ุณูŽุฃูŽู„ู’ุชู ุฃูŽุจูŽุง ุฌูŽุนู’ููŽุฑู ุนูŽู†ู ุงู„ุชู‘ูŽุนู’ูˆููŠู’ุฐู ูŠูุนูŽู„ู‘ูŽู‚ู ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ุตู‘ูุจู’ูŠูŽุงู†ู ููŽุฑูŽุฎู‘ูŽุตูŽ ูููŠู’ู‡ู

โ€œDari Yunus bin Khabbab, ia berkata: โ€œSaya bertanya kepada Abu Jaโ€™far tentang doa perlindungan yang dikalungkan kepada anak kecil. Ia memperbolehkannyaโ€[2]

[1]Syaikh al-Mubarakfuri, Tuhfat al-Ahwadzi 5/349

[2] Ibnu Abi Syaibah, al-Mushannaf, 5/44

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

BIGTheme.net โ€ข Free Website Templates - Downlaod Full Themes