News
Home » Buku » Keruntuhan TEORI BID’AH Kaum Salafi
Untitled-2
Keruntuhan TEORI BID’AH Kaum Salafi

Keruntuhan TEORI BID’AH Kaum Salafi

Keruntuhan TEORI BID’AH Kaum Salafi – Berdasarkan Kajian Komprehensif Ulama Ahli Hadis Bid’ah ada dua macam, yaitu yang terpuji dan yang tercela. Bid’ah yang sesuai dengan sunah, maka terpuji. Sedangkan, bid’ah yang bertentangan dengan sunah, maka itu tercela.
Imam Muhammad bin Idris as-Syafi’i Pendiri Mazhab Syafi’i (150-204 H.)

12733564_10205127182650631_5266909140292365471_n

Oleh Syaifull Ibnu Nawawi

Bid’ah ada dua macam, yaitu yang terpuji dan yang tercela. Bid’ah yang sesuai dengan sunah, maka terpuji. Sedangkan, bid’ah yang bertentangan dengan sunah, maka itu tercela.
Imam Muhammad bin Idris as-Syafi’i Pendiri Mazhab Syafi’i (150-204 H.)

DALIL hadis yang sering disampaikan oleh Wahabi tidaklah salah, yang tidak tepat adalah tatkala menjadikan slogan bid’ah sebagai sebuah hukum dan menjadi alat untuk menggeneralisir setiap bid’ah adalah sesat. Mengapa tidak tepat? Sebab Wahabi menggunakan hadis-hadis tentang bid’ah tidak berdasarkan pada konsensus atau ijma’ ulama, melainkan berdasarkan penafsiran sendiri.

Ulama Wahabi dan pengikutnya setahu saya tidak ada yang bergelar al-Hafidz sebagaimana ulama-ulama kami terdahulu yang telah menyusun ilmu ilmu hadis. Maka dalam masalah hadis kita harus merujuk kepada para ahlinya, seperti al-Hafidz Ibnu Hajar asy-Syafi’i, al-Hafidz Ibnu Katsir asy-Syafii, Imam Nawawi asy-Syafi’i, al-Hafidz as-Suyuthi asy-Syafi’i dan ulama ahli hadis lainnya yang bergelar al-Hafidz.

Saya berkeyakinan bahwa gerakan yang kerap membid’ahkan dan menyesatkan umat Islam tidak akan berkembang menjadi mayoritas dalam Islam. Sebab, kelompok yang suka menyesatkan justru ciri khas Khawarij.

Oleh: M. Ma’ruf Khozin
Penerbit: Bina Aswaja.

3 comments

  1. seneng sekali bisa mengikuti webset ini

  2. Saya pengen beli, di Gramedia ada gak.? soalny di gramedia banyak sekali Yg mengatasnamakan Ahlusunnah dan ternyata ditulis oleh Kaum SAWAH.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

BIGTheme.net • Free Website Templates - Downlaod Full Themes