News
Home » Artikel » Adzan Saat Pemakaman
Adzan Saat Pemakaman

Adzan Saat Pemakaman

Istidlal Adzan di Kuburan

Dalam pandangan ulama Syafiiyah, adzan dan iqamah tidak hanya diperuntukkan sebagai penanda masuknya salat, baik berdasarkan hadis maupun mengimplementasikan makna hadis. Oleh karenanya ada sebagian ulama yang memperbolehkan adzan saat pemakaman, dan sebagian yang lain tidak menganjurkannya. Dalam hal ini ahli fikih Ibnu Hajar al-Haitami berkata:

ู‚ูŽุฏู’ ูŠูุณูŽู†ู‘ู ุงู„ู’ุฃูŽุฐูŽุงู†ู ู„ูุบูŽูŠู’ุฑู ุงู„ุตู‘ูŽู„ูŽุงุฉู ูƒูŽู…ูŽุง ูููŠ ุขุฐูŽุงู†ู ุงู„ู’ู…ูŽูˆู’ู„ููˆุฏู ุŒ ูˆูŽุงู„ู’ู…ูŽู‡ู’ู…ููˆู…ู ุŒ ูˆูŽุงู„ู’ู…ูŽุตู’ุฑููˆุนู ุŒ ูˆูŽุงู„ู’ุบูŽุถู’ุจูŽุงู†ู ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ุณูŽุงุกูŽ ุฎูู„ูู‚ูู‡ู ู…ูู†ู’ ุฅู†ู’ุณูŽุงู†ู ุŒ ุฃูŽูˆู’ ุจูŽู‡ููŠู…ูŽุฉู ูˆูŽุนูู†ู’ุฏูŽ ู…ูุฒู’ุฏูŽุญูŽู…ู ุงู„ู’ุฌูŽูŠู’ุดู ูˆูŽุนูู†ู’ุฏูŽ ุงู„ู’ุญูŽุฑููŠู‚ู ู‚ููŠู„ูŽ ูˆูŽุนูู†ู’ุฏูŽ ุฅู†ู’ุฒูŽุงู„ู ุงู„ู’ู…ูŽูŠู‘ูุชู ู„ูู‚ูŽุจู’ุฑูู‡ู ู‚ููŠูŽุงุณู‹ุง ุนูŽู„ูŽู‰ ุฃูŽูˆู‘ูŽู„ู ุฎูุฑููˆุฌูู‡ู ู„ูู„ุฏู‘ูู†ู’ูŠูŽุง ู„ูŽูƒูู†ู’ ุฑูŽุฏูŽุฏู’ุชู‡ ูููŠ ุดูŽุฑู’ุญู ุงู„ู’ุนูุจูŽุงุจู ูˆูŽุนูู†ู’ุฏูŽ ุชูŽุบูŽูˆู‘ูู„ู ุงู„ู’ุบููŠู„ูŽุงู†ู ุฃูŽูŠู’ ุชูŽู…ูŽุฑู‘ูุฏู ุงู„ู’ุฌูู†ู‘ู ู„ูุฎูŽุจูŽุฑู ุตูŽุญููŠุญู ูููŠู‡ู ุŒ ูˆูŽู‡ููˆูŽ ุŒ ูˆูŽุงู„ู’ุฅูู‚ูŽุงู…ูŽุฉู ุฎูŽู„ู’ููŽ ุงู„ู’ู…ูุณูŽุงููุฑู (ุชุญูุฉ ุงู„ู…ุญุชุงุฌ ููŠ ุดุฑุญ ุงู„ู…ู†ู‡ุงุฌย  – ุฌ 5 / ุต 51)
โ€œTerkadang adzan disunahkan untuk selain salat, seperti adzan di telinga anak yang lahir, orang yang kesusahan, orang yang pingsan, orang yang marah, orang yang buruk etikanya baik manusia maupun hewan, saat pasukan berperang, ketika kebakaran, dikatakan juga ketika menurunkan mayit ke kubur, dikiaskan terhadap saat pertama datang ke dunia. Namun saya membantahnya di dalam kitab Syarah al-Ubab. Juga disunahkan saat kerasukan jin, berdasarkan hadis sahih, begitu pula adzan dan iqamah saat melakukan perjalananโ€ (Tuhfat al-Muhtaj 5/51)

Di kitab lainnya Ibnu Hajar secara khusus menjelaskan masalah ini:

( ูˆูŽุณูุฆูู„ูŽ ) ู†ูŽููŽุนูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุจูู‡ู ุจูู…ูŽุง ู„ูŽูู’ุธูู‡ู ู…ูŽุง ุญููƒู’ู…ู ุงู„ู’ุฃูŽุฐูŽุงู†ู ูˆูŽุงู„ู’ุฅูู‚ูŽุงู…ูŽุฉู ุนูู†ู’ุฏูŽ ุณูŽุฏู‘ู ููŽุชู’ุญู ุงู„ู„ู‘ูŽุญู’ุฏู ุŸ ( ููŽุฃูŽุฌูŽุงุจูŽ ) ุจูู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู ู‡ููˆูŽ ุจูุฏู’ุนูŽุฉูŒ ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ุฒูŽุนูŽู…ูŽ ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ุณูู†ู‘ูŽุฉูŒ ุนูู†ู’ุฏูŽ ู†ูุฒููˆู„ู ุงู„ู’ู‚ูŽุจู’ุฑู ู‚ููŠูŽุงุณู‹ุง ุนูŽู„ูŽู‰ ู†ูŽุฏู’ุจูู‡ูู…ูŽุง ูููŠ ุงู„ู’ู…ูŽูˆู’ู„ููˆุฏู ุฅู„ู’ุญูŽุงู‚ู‹ุง ู„ูุฎูŽุงุชูู…ูŽุฉู ุงู„ู’ุฃูŽู…ู’ุฑู ุจูุงุจู’ุชูุฏูŽุงุฆูู‡ู ููŽู„ูŽู…ู’ ูŠูุตูุจู’ ูˆูŽุฃูŽูŠู‘ู ุฌูŽุงู…ูุนู ุจูŽูŠู’ู†ูŽ ุงู„ู’ุฃูŽู…ู’ุฑูŽูŠู’ู†ู ูˆูŽู…ูุฌูŽุฑู‘ูŽุฏู ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุฐูŽุงูƒูŽ ูููŠ ุงู„ูุงุจู’ุชูุฏูŽุงุกู ูˆูŽู‡ูŽุฐูŽุง ูููŠ ุงู„ูุงู†ู’ุชูู‡ูŽุงุกู ู„ูŽุง ูŠูŽู‚ู’ุชูŽุถููŠ ู„ูุญููˆู‚ูŽู‡ู ุจูู‡ู . (ุงู„ูุชุงูˆู‰ ุงู„ูู‚ู‡ูŠุฉ ุงู„ูƒุจุฑู‰ย  – ุฌ 3 / ุต 166)
โ€œIbnu Hajar ditanya: Apa hukum adzan dan iqamat saat menutup pintu liang lahat? Ibnu Hajar menjawab: Ini adalah bidโ€™ah. Barangsiapa yang mengira bahwa adzan tersebut sunah ketika turun ke kubur, dengan dikiyaskan pada anak yang lahir, dengan persamaan akhir hidup dengan permulaan hidup, maka tidak benar. Dan dari segi apa persamaan keduanya? Kalau hanya antara permulaan dan akhir hidup tidak dapat disamakanโ€ (al-Fatawa al-Fiqhiyah al-Kubra 3/166)

Tentu yang dimaksud bidโ€™ah disini tentu bukan bidโ€™ah yang sesat, sebab Ibnu Hajar ketika menyebut bidโ€™ah pada umumnya menyebut dengan kalimat โ€œal-Madzmumahโ€, atau โ€œal-Munkarahโ€ dan lainnya dalam kitab yang sama. Beliau hanya sekedar menyebut bidโ€™ah karena di masa Rasulullah Saw memang tidak diamalkan.

Adzan Pertama Kali di Kubur

Sejauh referensi yang saya ketahui tentang awal mula melakukan adzan saat pemakaman adalah di abad ke 11 hijriyah berdasarkan ijtihad seorang ahli hadis di Syam Syria, sebagaimana yang disampaikan oleh Syaikh al-Muhibbi:

ู…ุญู…ุฏ ุจู† ู…ุญู…ุฏ ุจู† ูŠูˆุณู ุจู† ุฃุญู…ุฏ ุจู† ู…ุญู…ุฏ ุงู„ู…ู„ู‚ุจ ุดู…ุณ ุงู„ุฏูŠู† ุงู„ุญู…ูˆูŠ ุงู„ุฃุตู„ ุงู„ุฏู…ุดู‚ูŠ ุงู„ู…ูˆู„ุฏ ุงู„ู…ูŠุฏุงู†ูŠ ุงู„ุดุงูุนูŠ ุนุงู„ู… ุงู„ุดุงู… ูˆู…ุญุฏุซู‡ุง ูˆุตุฏุฑ ุนู„ู…ุงุฆู‡ุง ุงู„ุญุงูุธ ุงู„ู…ุชู‚ู† : ูˆูƒุงู†ุช ูˆูุชู‡ ุจุงู„ู‚ูˆู„ู†ุฌ ููŠ ูˆู‚ุช ุงู„ุถุญู‰ ูŠูˆู… ุงู„ุงุซู†ูŠู† ุซุงู„ุซ ุนุดุฑ ุฐูŠ ุงู„ุญุฌุฉ ุณู†ุฉ ุซู„ุงุซ ูˆุซู„ุงุซูŠู† ูˆุฃู„ู ูˆุตู„ู‰ ุนู„ูŠู‡ ู‚ุจู„ ุตู„ุงุฉ ุงู„ุนุตุฑ ูˆุฏูู† ุจู…ู‚ุจุฑุฉ ุจุงุจ ุงู„ุตุบูŠุฑ ุนู†ุฏ ู‚ุจุฑ ูˆุงู„ุฏู‡ ูˆู„ู…ุง ุฃู†ุฒู„ ููŠ ู‚ุจุฑู‡ ุนู…ู„ ุงู„ู…ุคุฐู†ูˆู† ุจุจุฏุนุชู‡ ุงู„ุชูŠ ุงุจุชุฏุนู‡ุง ู…ุฏุฉ ุณู†ูˆุงุช ุจุฏู…ุดู‚ ู…ู† ุงูุงุฏุชู‡ ุฅูŠุงู‡ู… ุฃู† ุงู„ุฃุฐุงู† ุนู†ุฏ ุฏูู† ุงู„ู…ูŠุช ุณู†ุฉ ูˆู‡ูˆ ู‚ูˆู„ ุถุนูŠู ุฐู‡ุจ ุฅู„ูŠู‡ ุจุนุถ ุงู„ู…ุชุฃุฎุฑูŠู† ูˆุฑุฏู‡ ุงุจู† ุญุฌุฑ ููŠ ุงู„ุนุจุงุจ ูˆุบูŠุฑู‡ ูุฃุฐู†ูˆุง ุนู„ู‰ ู‚ุจุฑู‡(ุฎู„ุงุตุฉ ุงู„ุฃุซุฑ ููŠ ุฃุนูŠุงู† ุงู„ู‚ุฑู† ุงู„ุญุงุฏูŠ ุนุดุฑ โ€“ ุฌ 3 / ุต 32)

โ€œMuhammad bin Muhammad bin Yusuf bin Ahmad bin Muhammad yang diberi gelar Syamsuddin al-Hamawi, asalnya ad-Dimasyqi, kelahiran al-Midani, asy-Syafii, seorang yang alim di Syam, ahli hadis disana, pemuka ulama, al-hafidz yang kokoh. Beliau wafat di Qoulanj saat waktu Dhuha, hari Senin 13 Dzulhijjah 1033. Disalatkan sebelum Ashar dan dimakamkan di pemakaman โ€˜pintu kecilโ€™ di dekat makam orang tuanya. Ketika janazahnya diturunkan ke kubur, para muadzin melakukan bidโ€™ah yang mereka lakukan selama beberapa tahun di Damaskus, yang diampaikan oleh beliau (Syaikh Muhammad bin Muhammad bin Yusuf) kepada mereka bahwa โ€˜adzan ketika pemakaman adalah sunahโ€™. Ini adalah pendapat lemah yang dipilih oleh sebagian ulama generasi akhir. Pendapat ini ditolak oleh Ibnu Hajar dalam kitab al-Ubab dan lainnya, maka mereka melakukan adzan di kuburnyaโ€ (Khulashat al-Atsar 3/32)

Khilaf Ulama Syafiiyah

Diantara kalangan madzhab Syafiiyah sendiri masalah ini merupakan masalah yang diperselisihkan, ada yang tidak menganjurkan (namun tidak melarang) dan ada pula yang menganjurkan, sebagaimana yang diamalkan oleh umat Islam di Indonesia:

  • Syaikh asy-Syarwani:

ูˆู„ุง ูŠู†ุฏุจ ุงู„ุขุฐุงู† ุนู†ุฏ ุณุฏู‡ ุฎู„ุงูุง ู„ุจุนุถู‡ู… ุจุฑู…ุงูˆูŠ ุงู‡ (ุญูˆุงุดูŠ ุงู„ุดุฑูˆุงู†ูŠ โ€“ ุฌ 3 / ุต 171)

โ€œTidak disunahkan adzan saat menutup liang lahat, berbeda dengan sebagian ulama. Dikutip dari Syaikh Barmawiโ€ (Hawasyai asy-Syarwani 3/171)

  • Syaikh Sulaiman al-Jamal:

ูˆูŽู„ูŽุง ูŠูู†ู’ุฏูŽุจู ุงู„ู’ุฃูŽุฐูŽุงู†ู ุนูู†ู’ุฏูŽ ุณูŽุฏู‘ูู‡ู ูˆูููŽุงู‚ู‹ุง ู„ูู„ูŽุฃู’ุตู’ุจูŽุญููŠู‘ู ูˆูŽุฎูู„ูŽุงูู‹ุง ู„ูุจูŽุนู’ุถูู‡ูู…ู’ ุง ู‡ู€ . ุจูุฑู’ู…ูŽุงูˆููŠู‘ูŒ . (ุญุงุดูŠุฉ ุงู„ุฌู…ู„ – ุฌ 7 / ุต 182)

โ€œTidak disunahkan adzan saat menutup liang lahat, sesuai dengan al-Ashbahi dan berbeda dengan sebagian ulama. Dikutip dari Syaikh Barmawiโ€ (Hasyiah asy-Jamal 3/171)

  • Syaikh Abu Bakar Syatha:

ูˆุงุนู„ู… ุฃู†ู‡ ู„ุง ูŠุณู† ุงู„ุงุฐุงู† ุนู†ุฏ ุฏุฎูˆู„ ุงู„ู‚ุจุฑุŒ ุฎู„ุงูุง ู„ู…ู† ู‚ุงู„ ุจู†ุณุจุชู‡ ู‚ูŠุงุณุง ู„ุฎุฑูˆุฌู‡ ู…ู† ุงู„ุฏู†ูŠุง ุนู„ู‰ ุฏุฎูˆู„ู‡ ููŠู‡ุง. ู‚ุงู„ ุงุจู† ุญุฌุฑ: ูˆุฑุฏุฏุชู‡ ููŠ ุดุฑุญ ุงู„ุนุจุงุจุŒ ู„ูƒู† ุฅุฐุง ูˆุงูู‚ ุฅู†ุฒุงู„ู‡ ุงู„ู‚ุจุฑ ุฃุฐุงู† ุฎูู ุนู†ู‡ ููŠ ุงู„ุณุคุงู„.(ุฅุนุงู†ุฉ ุงู„ุทุงู„ุจูŠู† – ุฌ 1 / ุต 268)

โ€œKetahuilah bahwa tidak disunahkan adzan ketika masuk dalam kuburan, berbeda dengan ulama yang menganjurkannya, dengan dikiyaskan keluarnya dari dunia terhadap masuknya kea lam dunia (dilahirkan). Ibnu Hajar berkata: Tapi saya menolaknya dalam Syarah al-Ubab, namun jika menurunkan mayit ke kubur bertepatan dengan adzan, maka diringankan pertanyaan malaikat kepadanyaโ€ (Ianat ath-Thalibin 1/268)

Sumber: http://www.hujjahnu.com/2013/09/adzan-saat-pemakaman.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

BIGTheme.net โ€ข Free Website Templates - Downlaod Full Themes