News
Home » Artikel » Nyadran dalam Perspektif Hukum Islam
Nyadran dalam Perspektif Hukum Islam

Nyadran dalam Perspektif Hukum Islam

Beberapa amalan Umat Islam di Jawa yang secara nama masih menggunakan bahasa Jawa namun secara subtansi telah berubah diisi dengan amalan Islami, masih saja dianggap sebagai sesuatu yang diharamkan, seperti Nyadran, Megengan, Tingkeban, Selapan atau lainnya. Padahal sebagaimana dikatakan oleh Imam al-Akbar dari al-Azhar, Syaikh Jaad al-Haq menjelaskan:

ุงู„ุนุจุฑุฉ ูู‰ ุงู„ู…ุญุฑู…ุงุช ู„ูŠุณุช ุจุงู„ุฃุณู…ุงุกุŒ ูˆุฅู†ู…ุง ุจุงู„ู…ุณู…ูŠุงุช (ูุชุงูˆู‰ ุงู„ุฃุฒู‡ุฑ – ุฌ 7 / ุต 210)

โ€œPenilaian sesuatu yang diharamkan tidak terletak pada nama, namun pada subtansi isinyaโ€ (Fatawa al-Azhar 7/210)

Dalam Nyadran atau Megengan subtansinya adalah ziarah kubur, mendoakan almarhum, membaca ayat al-Quran, berbagi sedekah atas nama mayit, kesemuanya ini adalah ajaran Islam. Lalu dari segi mana yang haram dan sesat?

Rasulullah Bersedekah Makanan Atas Nama Khadijah

ู‚ูŽุงู„ูŽุชู’ ูˆูŽูƒูŽุงู†ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู -ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…- ุฅูุฐูŽุง ุฐูŽุจูŽุญูŽ ุงู„ุดู‘ูŽุงุฉูŽ ููŽูŠูŽู‚ููˆู„ู ุฃูŽุฑู’ุณูู„ููˆุง ุจูู‡ูŽุง ุฅูู„ูŽู‰ ุฃูŽุตู’ุฏูู‚ูŽุงุกู ุฎูŽุฏููŠุฌูŽุฉูŽ . ู‚ูŽุงู„ูŽุชู’ ููŽุฃูŽุบู’ุถูŽุจู’ุชูู‡ู ูŠูŽูˆู’ู…ู‹ุง ููŽู‚ูู„ู’ุชู ุฎูŽุฏููŠุฌูŽุฉูŽ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู -ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…- ยซ ุฅูู†ู‘ูู‰ ู‚ูŽุฏู’ ุฑูุฒูู‚ู’ุชู ุญูุจู‘ูŽู‡ูŽุง (ุฑูˆุงู‡ ู…ุณู„ู…)

โ€œAisyah berkata: โ€œJika Rasulullah menyembelih kambing, maka beliau berkata: โ€œKirimkan daging-daging ini untuk teman-teman dekat Khadijahโ€. Aisyah berkata: โ€œSaya memarahi Nabi di suatu hariโ€. Nabi bersabda: โ€œSaya sudah diberi rezeki mencintainyaโ€ (HR Muslim)

 

ูƒูŽุงู†ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูŠูŽูู’ุนูŽู„ูู‡ู ู…ูู†ู’ ุฐูŽุจู’ุญู ุงู„ุฐู‘ูŽุจููŠู’ุญูŽุฉู ูˆูŽุงู„ุชู‘ูŽุตูŽุฏู‘ูู‚ู ุจูู‡ูŽุง ุนูŽู†ู’ ุฎูŽุฏููŠู’ุฌูŽุฉูŽ ุฑูŽุถููŠูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู†ู’ู‡ูŽุง ุจูŽุนู’ุฏูŽ ูˆูŽููŽุงุชูู‡ูŽุง ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ: ุทูŽุจู’ุนู‹ุง ู‡ูŽุฐูŽุง ู…ูู†ูŽ ุงู„ุตู‘ูŽุฏูŽู‚ูŽุฉูย  ู†ูŽุนูŽู…ู’ ูŠูุคู’ุฎูŽุฐู ู…ูู†ู’ู‡ู ุงูŽู†ู‘ูŽู‡ู ูŠูŽุชูŽุตูŽุฏู‘ูŽู‚ู ุนูŽู†ู ุงู„ู’ู…ูŽูŠู‘ูุชู ุงูู…ู‘ูŽุง ุจูู„ูŽุญู’ู…ู ูˆูŽุงูู…ู‘ูŽุง ุจูุทูŽุนูŽุงู…ู ูˆูŽุงูู…ู‘ูŽุง ุจูู†ูู‚ููˆู’ุฏู ุงูŽูˆู’ ุจูู…ูŽู„ุงูŽุจูุณูŽ ูŠูŽุชูŽุตูŽุฏู‘ูŽู‚ู ุนูŽู†ู ุงู„ู’ู…ูŽูŠู‘ูุชู ู‡ูŽุฐูŽุง ู…ูู†ูŽ ุงู„ุตู‘ูŽุฏูŽู‚ูŽุฉู ุนูŽู†ู’ู‡ู ุงูŽูˆู’ ุจูุงูุถู’ุญููŠู‘ูŽุฉู ุนูŽู†ู’ู‡ู ูููŠ ูˆูŽู‚ู’ุชู ุงู’ู„ุงูุถู’ุญููŠู‘ูŽุฉู ู‡ูŽุฐูŽุง ูƒูู„ู‘ูู‡ู ู…ูู†ูŽ ุงู„ุตู‘ูŽุฏูŽู‚ูŽุฉู ุนูŽู†ู ุงู„ู’ู…ูŽูŠู‘ูุชู ูŠูŽุฏู’ุฎูู„ู ูููŠู’ู‡ู (ูุชุงูˆู‰ ุงู„ุงุญูƒุงู… ุงู„ุดุฑุนูŠุฉ ุฑู‚ู… 9661)

Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallama melakukan penyembelihan hewan dan menyedekahkannya untuk Khadijah setelah wafatnya (HR Muslim No 4464). Syaikh berkata: Secara watak ini adalah sedekah. Dari dalil ini dapat diambil kesimpulan bahwa boleh bersedekah atas nama mayit baik berupa daging, makanan, uang atau pakaian, ini adalah sedekah, atau dengan qurban saat Idul Adlha. Kesemua ini adalah sedekah atas nama mayitโ€ (Fatawa al-Ahkam asy-Syarโ€™iyah No 9661)

Melakukan sedekah untuk almarhum dapat dilakukan dimana pun, termasuk juga di makam, seperti yang disampaikan oleh ahli hadis al-Hafidz adz-Dzahabi bahwa seorang ulama bernama Abu al-Qasim Ismail bin Muhammad yang diberi gelar Qiwam as-Sunnah (penegak sunah) juga membawa makanan di makam:

ูˆูŽุณูŽู…ูุนู’ุชู ุบูŽูŠู’ุฑูŽ ูˆูŽุงุญูุฏู ู…ูู†ู’ ุฃูŽุตู’ุญูŽุงุจูู‡ู (ุงู„ู’ุงูู…ูŽุงู…ู ุงูŽุจููŠ ุงู„ู’ู‚ูŽุงุณูู…ู) ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ูƒูŽุงู†ูŽ ูŠูู…ู’ู„ููŠ ” ุดูŽุฑู’ุญูŽ ู…ูุณู’ู„ูู…ู ” ุนูู†ู’ุฏูŽ ู‚ูŽุจู’ุฑู ูˆูŽู„ูŽุฏูู‡ู ุฃูŽุจููŠ ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ู„ู‡ูุŒ ููŽู„ูŽู…ู‘ูŽุง ูƒูŽุงู†ูŽ ุฎูŽุชู’ู…ู ูŠูŽูˆู’ู…ู ุงู„ู’ูƒูุชูŽุงุจู ุนูŽู…ูู„ูŽ ู…ูŽุฃู’ุฏูŽุจูŽุฉู‹ ูˆูŽุญูŽู„ูŽุงูˆูŽุฉู‹ ูƒูŽุซููŠู’ุฑูŽุฉู‹ุŒ ูˆูŽุญูู…ูู„ูŽุชู’ ุฅูู„ูŽู‰ ุงู’ู„ู…ูŽู‚ู’ุจูŽุฑูŽุฉู (ุชุงุฑูŠุฎ ุงู„ุฅุณู„ุงู… ู„ู„ุฐู‡ุจูŠ – ุฌ 8 / ุต 195)

Saya dengar lebih dari satu orang dari muridnya, bahwa Abu al-Qasim menulis Syarah Muslim di dekat makam anaknya Abu Abdillah. Ketika ia khatam menulis kitab, ia membuat makanan dan masnisan yang banyak, serta dibawa ke makam (Tarikh al-Islam, 8/195)

ุชุงุฑูŠุฎ ุงู„ุฅุณู„ุงู… ู„ู„ุฐู‡ุจูŠ – (ุฌ 8 / ุต 193)

ุฅุณู…ุงุนูŠู„ ุจู† ู…ุญู…ุฏ ุจู† ุงู„ูุถู„ ุจู† ุนู„ูŠ ุจู† ุฃุญู…ุฏ ุจู† ุทุงู‡ุฑ. ุงู„ุญุงูุธ ุงู„ูƒุจูŠุฑุŒ ุฃุจูˆ ุงู„ู‚ุงุณู… ุงู„ุชูŠู…ูŠุŒ ุงู„ุทู„ุญูŠุŒ ุงู„ุฅุตุจู‡ุงู†ูŠุŒ ุงู„ู…ุนุฑูˆู ุจุงู„ุญูˆุฒูŠุŒ ุงู„ู…ู„ู‚ุจ ุจู‚ูˆุงู… ุงู„ุณู†ุฉ.

ูˆู„ุฏ ุณู†ุฉ ุณุจุนู ูˆุฎู…ุณูŠู† ูˆุฃุฑุจุนู…ุงุฆุฉ ููŠ ุชุงุณุน ุดูˆุงู„.

ุนูŽู†ู ุงุจู’ู†ู ุนูู…ูŽุฑูŽ ุฑูŽุถูู‰ูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู†ู’ู‡ูู…ูŽุง ู‚ูŽุงู„ูŽ ูƒูŽุงู†ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุจูู‰ู‘ู ูŠูŽุฃู’ุชูู‰ ู…ูŽุณู’ุฌูุฏูŽ ู‚ูุจูŽุงุกู ูƒูู„ู‘ูŽ ุณูŽุจู’ุชู ู…ูŽุงุดููŠู‹ุง ูˆูŽุฑูŽุงูƒูุจู‹ุง . ูˆูŽูƒูŽุงู†ูŽ ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ู„ู‡ู ูŠูŽูู’ุนูŽู„ูู‡ู (ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุจุฎุงุฑู‰ ุฑู‚ู… 1193 ูˆู…ุณู„ู… ุฑู‚ู… 3462)

“Diriwayatkan dari Abdullah bin Umar bahwa Rasulullah Saw mendatangi masjid Quba’ setiap hari Sabtu, baik berjalan atau menaiki tunggangan. Dan Abdullah bin Umar melakukannya” (HR Bukhari No 1193 dan Muslim No 3462)

Imam an-Nawawi berkata:

ูููŠู’ู‡ู ุฌูŽูˆูŽุงุฒู ุชูŽุฎู’ุตููŠู’ุตู ุจูŽุนู’ุถู ุงู„ู’ุฃูŽูŠู‘ูŽุงู…ู ุจูุงู„ุฒู‘ููŠูŽุงุฑูŽุฉู ุŒ ูˆูŽู‡ูŽุฐูŽุง ู‡ููˆูŽ ุงู„ุตู‘ูŽูˆูŽุงุจู ูˆูŽู‚ูŽูˆู’ู„ู ุงู„ู’ุฌูู…ู’ู‡ููˆุฑู (ุดุฑุญ ุงู„ู†ูˆูˆูŠ ุนู„ู‰ ู…ุณู„ู… โ€“ ุฌ 5 / ุต 62)

โ€œDalam hadis ini dijelaskan bolehnya menentukan sebagian hari untuk ziarah. Ini adalah pendapat yang benar dan pendapat mayoritas ulamaโ€ (Syarah Muslim 5/62)

ุนูŽู†ู’ ุนูŽุงุฆูุดูŽุฉูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽุชู’ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู’ู„ู ุงู„ู„ู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ู…ูŽุง ู…ูู†ู’ ุฑูŽุฌูู„ู ูŠูŽุฒููˆู’ุฑู ู‚ูŽุจู’ุฑูŽ ุฃูŽุฎููŠู’ู‡ู ูˆูŽูŠูŽุฌู’ู„ูุณู ุนูู†ู’ุฏูŽู‡ู ุฅูู„ุงู‘ูŽ ุงุณู’ุชูŽุฃู’ู†ูŽุณูŽ ุจูู‡ู ูˆูŽุฑูŽุฏู‘ูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ูŠูŽู‚ููˆู’ู…ูŽ

“Diriwayatkan dari Aisyah, ia berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda: Tak seorang pun yang berziarah ke makam saudaranya dan duduk di dekatnya, kecuali ia merasa senang dan menjawabnya hingga meninggalkan tempatnya”

Al-Hafidz al-Iraqi memberi penilaian terkait status hadis ini:

ู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู„ู’ุญูŽุงููุธู ุงู„ู’ุนูุฑูŽุงู‚ููŠ ุฃูŽุฎู’ุฑูŽุฌูŽู‡ู ุงุจู’ู†ู ุฃูŽุจููŠ ุงู„ุฏู‘ูู†ู’ูŠูŽุง ูููŠ ุงู„ู’ู‚ูุจููˆู’ุฑู ูˆูŽูููŠู’ู‡ู ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ู„ู‡ู ุจู’ู†ู ุณูŽู…ู’ุนูŽุงู†ูŽ ูˆูŽู„ูŽู…ู’ ุฃูŽู‚ููู’ ุนูŽู„ูŽู‰ ุญูŽุงู„ูู‡ู ูˆูŽุฑูŽูˆูŽุงู‡ู ุงุจู’ู†ู ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ู’ุจูŽุฑู‘ู ูููŠ ุงู„ุชู‘ูŽู…ู’ู‡ููŠู’ุฏู ู…ูู†ู’ ุญูŽุฏููŠู’ุซู ุงุจู’ู†ู ุนูŽุจู‘ูŽุงุณู ู†ูŽุญู’ูˆูŽู‡ู ูˆูŽุตูŽุญู‘ูŽุญูŽู‡ู ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ู’ุญูŽู‚ู‘ู ุงู’ู„ุฃูŽุดู’ุจููŠู’ู„ููŠู‘ู (ุชุฎุฑูŠุฌ ุฃุญุงุฏูŠุซ ุงู„ุฅุญูŠุงุก 4 / 216)

“Hadis ini diriwayatkan oleh Ibnu Abi al-Dunya dalam al-Qubur. Di dalam sanadnya terdapat Abdullah bin Sam’an, saya tidak mengetahui perilakunya. Hadis yang sama diriwayatkan oleh Ibnu Abdilbarr dari Ibnu Abbas dan disahihkan oleh Abdulhaqq al-Asybili” (Takhrij Ahadits al-Ihya IV/216)

ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู’ู„ู ุงู„ู„ู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ู…ูŽุง ู…ูู†ู’ ุนูŽุจู’ุฏู ูŠูŽู…ูุฑู‘ู ุจูู‚ูŽุจู’ุฑู ุฑูŽุฌูู„ู ูƒูŽุงู†ูŽ ูŠูŽุนู’ุฑูููู‡ู ููู‰ ุงู„ุฏู‘ูู†ู’ูŠูŽุง ููŽูŠูุณูŽู„ู‘ูู…ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุฅูู„ุงู‘ูŽ ุนูŽุฑูŽููŽู‡ู ูˆูŽุฑูŽุฏู‘ูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุงู„ุณู‘ูŽู„ุงูŽู…ูŽ (ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุฎุทูŠุจ ููŠ ุงู„ุชุงุฑูŠุฎ 6 / 137 ูˆุงุจู† ุนุณุงูƒุฑ 10 / 380 ุนู† ุฃุจู‰ ู‡ุฑูŠุฑุฉ ูˆุณู†ุฏู‡ ุฌูŠุฏ ูˆุฑูˆุงู‡ ุนุจุฏ ุงู„ุญู‚ ููŠ ุงู„ุฃุญูƒุงู… ูˆู‚ุงู„ : ุฅุณู†ุงุฏู‡ ุตุญูŠุญ ูƒู…ุง ููŠ ุงู„ู‚ู„ูŠูˆุจูŠ)

“Rasulullah Saw bersabda: Tidak seoramgpun yang melewati kuburan temannya yang pernah ia kenal ketika di dunia dan mengucap salam kepadanya, kecuali ia mengenalnya dan menjawab salamnya” (HR al-Khatib al-Baghdadi dalam al-Tarikh VI/137 dan Ibnu ‘Asakir X/380 dari Abu Hurairah. Dan sanadnya baik, juga diriwayatkan oleh Abdulhaqq dalam al-Ahkam, ia berkata: Sanadnya sahih)

ย ุตุญูŠุญ ุงู„ุจุฎุงุฑู‰ – (ุฌ 14 / ุต 40)

ู‚ูŽุงู„ูŽ ุงุนู’ุชูŽู…ูŽุฑูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู – ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… – ุฃูŽุฑู’ุจูŽุนูŽ ุนูู…ูŽุฑู ูƒูู„ู‘ูู‡ูู†ู‘ูŽ ููู‰ ุฐูู‰ ุงู„ู’ู‚ูŽุนู’ุฏูŽุฉู ุŒ ุฅูู„ุงู‘ูŽ ุงู„ู‘ูŽุชูู‰ ูƒูŽุงู†ูŽุชู’ ู…ูŽุนูŽ ุญูŽุฌู‘ูŽุชูู‡ู (ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุจุฎุงุฑูŠ)

ย โ€œTidak dilakukan oleh Rasulullahโ€ atau โ€œTidak ada contoh dari Rasulullahโ€ bukan sebuah dalil untuk melarang suatu amalan yang telah menjadi โ€˜ijtihadโ€™ oleh sebagian ulama. Klaim semacam ini memang sering dijadikan alat oleh ulama Salafi-Wahabi untuk membidahkan amalan-amalan yang dilakukan oleh mayoritas uma Islam. Sebagai contoh, tidaklah ditemukan dalil bahwa Rasulullah mengkhatamkan bacaan al-Quran selama Tarawih di bulan Ramadlan, ternyata fatwa Syaikh Bin Baz, ketua Komisi Fatwa Arab Saudi berkata lain:

ู‡ุฐุง ุนู…ู„ ุญุณู† ููŠู‚ุฑุฃ ุงู„ุฅู…ุงู… ูƒู„ ู„ูŠู„ุฉ ุฌุฒุกุง… ย ูˆู‡ูƒุฐุง ุฏุนุงุก ุงู„ุฎุชู… ูุนู„ู‡ ุงู„ูƒุซูŠุฑ ู…ู† ุงู„ุณู„ู ุงู„ุตุงู„ุญ ุŒ ูˆุซุจุช ุนู† ุฃู†ุณ – ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ – ุฎุงุฏู… ุงู„ู†ุจูŠ – ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… – ุฃู†ู‡ ูุนู„ู‡ ุŒ ูˆููŠ ุฐู„ูƒ ุฎูŠุฑ ูƒุซูŠุฑ ูˆุงู„ู…ุดุฑูˆุน ู„ู„ุฌู…ุงุนุฉ ุฃู† ูŠุคู…ู†ูˆุง ุนู„ู‰ ุฏุนุงุก ุงู„ุฅู…ุงู… ุฑุฌุงุก ุฃู† ูŠุชู‚ุจู„ ุงู„ู„ู‡ ู…ู†ู‡ู…

โ€œMengkhatamkan al-Quran selama Tarawih bulan Ramadlan adalah amal yang baik. Imam membaca 1 juz setiap malam. Demikian halnya dengan doa khataman al-Quran dilakukan oleh banyak ulama Salaf. Dan telah menjadi riwayat yang sahih bahwa Sahabat Anas, pelayan Nabi, melakukan doa khatam al-Quran. Di dalamnya ada banyak kebaikan. Bagi jamaah disyariatkan untuk mengamini doa imam, dengan harapan Allah mengabulkan doa merekaโ€ (Majmuโ€™ Fatawa Bin Baz 11/388)

Rasulullah Saw, Khulafa’ al-Rasyidin dan Para Sahabat Rutin Berziarah Tiap Tahun

ุนูŽู†ู’ ู…ูุญูŽู…ู‘ูŽุฏู ุจู’ู†ู ุฅูุจู’ุฑูŽุงู‡ููŠู’ู…ูŽ ุงู„ุชู‘ูŽูŠู’ู…ููŠู‘ู ู‚ูŽุงู„ูŽ ูƒูŽุงู†ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ูŠูŽุฃู’ุชููŠ ู‚ูุจููˆู’ุฑูŽ ุงู„ุดู‘ูู‡ูŽุฏูŽุงุกู ุนูู†ู’ุฏูŽ ุฑูŽุฃู’ุณู ุงู„ู’ุญูŽูˆู’ู„ู ููŽูŠูŽู‚ููˆู’ู„ู ุงู„ุณู‘ูŽู„ุงูŽู…ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ุจูู…ูŽุง ุตูŽุจูŽุฑู’ุชูู…ู’ ููŽู†ูุนู’ู…ูŽ ุนูู‚ู’ุจูŽู‰ ุงู„ุฏู‘ูŽุงุฑู ู‚ูŽุงู„ูŽ ูˆูŽูƒูŽุงู†ูŽ ุฃูŽุจููˆู’ ุจูŽูƒู’ุฑู ูˆูŽุนูู…ูŽุฑู ูˆูŽุนูุซู’ู…ูŽุงู†ู ูŠูŽูู’ุนูŽู„ููˆู’ู†ูŽ ุฐูŽู„ููƒูŽ (ู…ุตู†ู ุนุจุฏ ุงู„ุฑุฒุงู‚ 6716 ูˆุฏู„ุงุฆู„ ุงู„ู†ุจูˆุฉ ู„ู„ุจูŠู‡ู‚ู‰ 3 / 306)

“Diriwayatkan dari Muhammad bin Ibrahim al-Taimi, ia berkata: Rasulullah Saw mendatangi kuburan Syuhada tiap awal tahun dan beliau bersabda: Salam damai bagi kalian dengan kesabaran kalian. Maka alangkah baiknya tempat kesudahan itu (al-Ra’d 24). Abu Bakar, Umar dan Utsman juga melakukan hal yang sama” (HR Abdurrazzaq dalam al-Mushannaf No 6716 dan al-Baihaqi dalam Dalail al-Nubuwah III/306)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

BIGTheme.net โ€ข Free Website Templates - Downlaod Full Themes