News
Home » Agenda » Ketika Islam tak bisa berkembang di Nusantara
Ketika Islam tak bisa berkembang di Nusantara

Ketika Islam tak bisa berkembang di Nusantara

Ketika Islam tak bisa berkembang di Nusantara – Berikut adalah kronologi terkait perkembangan Islam di Nusantara dari KH. Agus Sunyoto Mulai dari awal kehadiran Perkembangan Islam dimasa Kerajaan Kalingga bernuansa Bani Umayyah hingga Sampai Dakwah Islam ala Walisongo:

Dinasti Tang mencatat bahwa Islam di bawa oleh saudagar timur tengah pada abad 6 M yakni tahun 674M yang datang di kerajaan Kalingga. Waktu ini sejaman dengan berkuasanya Bani Umayyah awal (pergantian dari masa kekhalifahan Sayyidina Ali ke Umayyah). Tapi islam tidak dapat berkembang. Pribumi tak mau memeluk agama Islam.

old-map-of-indonesia2

Sejarah Islam Nusantara

• Sampai abad 10 M tidak ada penjelasan tentang perkembangan Islam, sebaliknya terdapat penjelasan tentang orang-orang Lor (Persia) yang dibantai di Jawa. Ini berhubungan dengan labar pengiriman 20.000 keluarga muslim oleh sultan Algabah dari negeri Rum ke pulau Jawa, dimana dari jumlah tersebut hanya tersisa 200 keluarga saja, yang lantas kembali pulang ke Rum.
• Pada tahun 1292 M, (setahun sebelum kerajaan Majapahit berdiri) Marcopolo datang dari Cina menuju Itali via laut. Dia singgah di negeri Perlak (selat malaka atau Aceh). di Perlak ini dalam catatannya dihuni oleh orang-orang beretnis Cina dan beragama Islam, sedangkan penduduk asli bukan beragama Islam.
• Cheng Ho pada tahun 1405 M datang ke tanah Jawa bersamaan dengan berkuasanya raja Majapahit Wikramawardhana (menantu Hayam Wuruk). Dalam catatannya diterangkan bahwa di Tuban, Gresik dan Surabaya banyak dihuni penduduk China muslim.
• Pada kunjungan Cheng Ho yg ke-7 (tahun 1433 M) dia membawa Ma Huan (seorang asisten pencatat). Ma huan mencatat bahwa saat itu sepanjang pantai utara Jawa (Cirebon, Tegal, Semarang, Tuban dll) dihuni oleh etnis China muslim, juga sebagian lagi terdapat orang-orang dari Persia dan Arab yang juga beragama Islam. Sedang semua penduduk asli masih beragama selain Islam.
• Jadi selama kurun waktu yg panjang tersebut, Islam tak diterima oleh penduduk asli Nusantara. Islam baru berkembang secara pesat di era Walisongo. Hanya dalam tempo 50 tahun hampir seluruh masyarakat Jawa memeluk agama Islam.
(*Narasumber: KH. Agus Sunyoto, Ketua Lesbumi PBNU)

Refrensi: https://www.facebook.com/LESBUMI.official/?fref=nf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

BIGTheme.net • Free Website Templates - Downlaod Full Themes