News
Home » Diskusi » Akad Nikah Di Masjid

Akad Nikah Di Masjid

DSC_2166Pertanyaan:
Masjid adalah untuk ibadah salat, bolehkan masjid dijadikan tempat akad nikah? Hamba Allah, Sby
Jawaban:
Dalam sebuah hadis memang dijelaskan bahwa masjid diperuntukkan melakukan dzikir, salat dan membaca al-Quran (HR Muslim No 429). Namun bukan berarti tidak boleh digunakan untuk kegiatan yang lain. Sebab pernah ada peristiwa orang-orang kulit hitam (habasyah) bersenang-senang di masjid Nabawi dengan bermain/ berlatih perang-perangan setelah Hari Raya dan Rasulullah melihatnya (HR al-Bukhari No 934 dari Aisyah)
Terkait dengan pertanyaan ini, maka mayoritas ulama fikih berpendapat bahwa akad nikah di masjid adalah sunah:


ุงูู†ู‘ูŽ ุฌูู…ู’ู‡ููˆู’ุฑูŽ ุงู„ู’ููู‚ูŽู‡ูŽุงุกู ู‚ูŽุฏู’ ุฐูŽู‡ูŽุจููˆู’ุง ุฅูู„ูŽู‰ ุงุณู’ุชูุญู’ุจูŽุงุจู ุนูŽู‚ู’ุฏู ุงู„ู†ู‘ููƒูŽุงุญู ูููŠ ุงู„ู’ู…ูŽุณู’ุฌูุฏู ูˆูŽู‡ูู…ู ุงู„ู’ุญูŽู†ูŽูููŠู‘ูŽุฉู ูƒูŽู…ูŽุง ูููŠ ููŽุชู’ุญู ุงู„ู’ู‚ูŽุฏููŠู’ุฑู (3/189) ูˆูŽุงู„ุดู‘ูŽุงููุนููŠู‘ูŽุฉู ูƒูŽู…ูŽุง ูููŠ ุฅูุนูŽุงู†ูŽุฉู ุงู„ุทู‘ูŽุงู„ูุจููŠู’ู†ูŽ (3/273) ูˆูŽุงู„ู’ุญูŽู†ูŽุงุจูู„ูŽุฉู ูƒูŽู…ูŽุง ูููŠ ุงู„ุฑู‘ูŽูˆู’ุถู ุงู„ู’ู…ูุฑูŽุจู‘ูŽุนู (6/243 ู…ุน ุงู„ุญุงุดูŠุฉ) ูˆูŽู‚ูŽุฑู‘ูŽุฑูŽู‡ู ุงู„ุดู‘ูŽูŠู’ุฎู ุงุจู’ู†ู ุชูŽูŠู’ู…ููŠู‘ูŽุฉูŽ ูููŠ ู…ูŽุฌู’ู…ููˆู’ุนู ุงู„ู’ููŽุชูŽุงูˆูŽู‰ (32/18)ุŒ ูˆูŽุงุจู’ู†ู ุงู„ู’ู‚ูŽูŠู‘ูู…ู ูููŠ ุฅูุนู’ู„ุงูŽู…ู ุงู„ู’ู…ููˆูŽู‚ู‘ูุนููŠู’ู†ูŽ (3/126) ุงู‡ู€ ูุชุงูˆู‰ ูˆุงุณุชุดุงุฑุงุช ุงู„ุฅุณู„ุงู… ุงู„ูŠูˆู… (11/ 231)


Baik madzhab Hanafi (Fathul Qadir 3/189), Syafi’i (I’anat at-Thalibin 3/273) dan Hanbali (ar-Raudl al-Murabba’ 6/243), begitu pula Ibnu Taimiyah (Majmu’ Fatawa 32/18). Dengan berdasarkan bahwa nikah adalah sebuah ibadah. Juga sebuah hadis berikut: Rasulullah Saw bersabda yang artinya: “Ramaikanlah pernikahan, jadikan pernikahan di masjid dan tabuhkanlah dengan gendang” (HR Turmudzi, ia menilainya dlaif dan ulama yang lain juga mendlaifkannya)
Namun ahli hadis al-Hafidz as-Sakhawi berkata bahwa hadis ini juga diriwayatkan oleh Ibnu Majah, Ibnu Mani’ dan lainnya. Dengan demikian hadis ini berstatus hasan karena diperkuat (mutaba’ah) oleh riwayat lain. (al-Maqashid al-Hasanah 125)


ุญูŽุฏููŠู’ุซู (ุฃูŽุนู’ู„ูู†ููˆู’ุง ุงู„ู†ู‘ููƒูŽุงุญูŽ ูˆูŽุงุฌู’ุนูŽู„ููˆู’ู‡ู ูููŠ ุงู„ู’ู…ูŽุณูŽุงุฌูุฏู ูˆูŽุงุถู’ุฑูุจููˆู’ุง ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุจูุงู„ุฏู‘ููู‘ู) ุงู„ุชู‘ูุฑู’ู…ูุฐููŠ ูˆูŽุถูŽุนู‘ูŽููŽู‡ู ูˆูŽุงุจู’ู†ู ู…ูŽุงุฌูŽู‡ู’ ูˆูŽุงุจู’ู†ู ู…ูŽู†ููŠู’ุนู ูˆูŽุบูŽูŠู’ุฑูู‡ูู…ู’ ุนูŽู†ู’ ุนูŽุงุฆูุดูŽุฉูŽ ู…ูŽุฑู’ูููˆู’ุนู‹ุง ุจูู‡ูŽุฐูŽุง ูˆูŽู‡ููˆูŽ ุญูŽุณูŽู†ูŒ ููŽุฑูŽุงูˆููŠู’ู‡ู ุนูู†ู’ุฏูŽ ุงู„ุชู‘ูุฑู’ู…ูุฐููŠ ูˆูŽุฅูู†ู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ุถูŽุนููŠู’ูู‹ุง ููŽุฅูู†ู‘ูŽู‡ู ู‚ูŽุฏู’ ุชููˆู’ุจูุนูŽ ูƒูŽู…ูŽุง ูููŠ ุงุจู’ู†ู ู…ูŽุงุฌูŽู‡ู’ ูˆูŽุบูŽูŠู’ุฑูู‡ู (ุงู„ู…ู‚ุงุตุฏ ุงู„ุญุณู†ุฉ ู„ู„ุณุฎุงูˆูŠ ุต: 125)


Hanya madzhab Malikiyah saja yang menghukumi nikah di masjid sebagai ‘jawaz’ (diperbolehkan, bukan sunah). Dari paparan argument diatas, tidak ada ulama yang melarang akad nikah di masjid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

BIGTheme.net โ€ข Free Website Templates - Downlaod Full Themes