News
Home » Diskusi » Haramkah Mencukur Jenggot?

Haramkah Mencukur Jenggot?

jenggotPertanyaan:
Sering kita temukan saat ini para pengikut ulama Saudi Arabia menfatwakan haramnya mencukur jenggot dan wajibnya merawat jenggot hingga panjang secara alami. Mereka pada umumnya secara keras mengatakan haram, benarkah?
Jawaban:
Masalah ini termasuk dalam ranah khilaf para ulama sejak dahulu. Berikut ini kita tampilkan hadis dan atsar dalam masalah ini:


ุฌูŽุฒู‘ููˆู’ุง ุงู„ุดู‘ูŽูˆูŽุงุฑูุจูŽ ูˆูŽุฃูŽุฑู’ุฎููˆู’ุง ุงู„ู„ู‘ูุญูŽู‰ ุฎูŽุงู„ููููˆู’ุง ุงู„ู’ู…ูŽุฌููˆู’ุณูŽ (ุฃุฎุฑุฌู‡ ู…ุณู„ู… ุฑู‚ู… 260 ุนู† ุฃุจู‰ ู‡ุฑูŠุฑุฉ)


โ€œCukurlah kumis kalian dan biarkan jenggot kalian. Berbedalah dengan Majusiโ€ (HR Muslim No 26o dari Abu Hurairah)


ุฃูŽุนู’ูููˆู’ุง ุงู„ู„ู‘ูุญูŽู‰ ูˆูŽุฌูŽุฒู‘ููˆู’ุง ุงู„ุดู‘ูŽูˆูŽุงุฑูุจูŽ ูˆูŽุบูŽูŠู‘ูุฑููˆู’ุง ุดูŽูŠู’ุจูŽูƒูู…ู’ ูˆูŽู„ุงูŽ ุชูŽุดูŽุจู‘ูŽู‡ููˆู’ุง ุจูุงู„ู’ูŠูŽู‡ููˆู’ุฏู ูˆูŽุงู„ู†ู‘ูŽุตูŽุงุฑูŽู‰ (ุฃุฎุฑุฌู‡ ุฃุญู…ุฏ ุฑู‚ู… 8657 ูˆุงู„ุจูŠู‡ู‚ู‰ ุฑู‚ู… 673 ุนู† ุฃุจู‰ ู‡ุฑูŠุฑุฉ ุŒ ู‚ุงู„ ุงู„ู…ู†ุงูˆู‰ : ุจุฅุณู†ุงุฏ ุฌูŠุฏ)


โ€œBiarkan jenggot kalian, potong kumis kalian, rubahlah uban kalian dan janganlah kalian menyamai dengan Yahudi dan Nashraniโ€ (HR Ahmad No 8657 dan Baihaqi No 673 dari Abu Hurairah, sanadnya jayid)


ุฎูŽุงู„ููููˆุง ุงู„ู’ู…ูุดู’ุฑููƒููŠู†ูŽ ูˆูŽูู‘ูุฑููˆุง ุงู„ู„ู‘ูุญูŽู‰ ูˆูŽุฃูŽุญู’ูููˆุง ุงู„ุดู‘ูŽูˆูŽุงุฑูุจูŽ (ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุจุฎุงุฑูŠ ุฑู‚ู… 5892 ูˆู…ุณู„ู… ุฑู‚ู… 259)


โ€œBerbedalah kalian semua dengan Musyrikin. rawatlah jenggot kalian dan cukurlah kumis kalianโ€ (HR Bukhari No 5892 dan Muslim No 259 dari Ibnu Umar)
Dalam riwayat ini perawi hadisnya adalah Abdullah bin Umar. Dalam riwayat Bukhari terdapat redaksi kelanjutan hadis diatas:


ูˆูŽูƒูŽุงู†ูŽ ุงุจู’ู†ู ุนูู…ูŽุฑูŽ ุฅูุฐูŽุง ุญูŽุฌู‘ูŽ ุฃูŽูˆู ุงุนู’ุชูŽู…ูŽุฑูŽ ู‚ูŽุจูŽุถูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ู„ูุญู’ูŠูŽุชูู‡ูุŒ ููŽู…ูŽุง ููŽุถูŽู„ูŽ ุฃูŽุฎูŽุฐูŽู‡ู (ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุจุฎุงุฑูŠ ุฑู‚ู… 5892)


โ€œIbnu Umar ketika haji atau umrah memegang jenggotnya, maka apa yang melebihi (genggamannya) ia memotongnyaโ€ (HR Bukhari No 8592)
Al-Hafidz Ibnu Hajar menyampaikan riwayat yang lain:


ูˆูŽู‚ูŽุฏู’ ุฃูŽุฎู’ุฑูŽุฌูŽู‡ู ู…ูŽุงู„ููƒ ูููŠ ุงู„ู’ู…ููˆูŽุทู‘ูŽุฃ ” ุนูŽู†ู’ ู†ูŽุงููุน ุจูู„ูŽูู’ุธู ูƒูŽุงู†ูŽ ุงูุจู’ู† ุนูู…ูŽุฑ ุฅูุฐูŽุง ุญูŽู„ูŽู‚ูŽ ุฑูŽุฃู’ุณู‡ ูููŠ ุญูŽุฌู‘ ุฃูŽูˆู’ ุนูŽู…ู’ุฑูŽุฉ ุฃูŽุฎูŽุฐูŽ ู…ูู†ู’ ู„ูุญู’ูŠูŽุชู‡ ูˆูŽุดูŽุงุฑูุจู‡ ” (ูุชุญ ุงู„ุจุงุฑูŠ ู„ุงุจู† ุญุฌุฑ – ุฌ 16 / ุต 483)


โ€œDan telah diriwayatkan oleh Malik dalam al-Muwathaโ€™ dari Nafiโ€™ dengan redaksi: Ibnu Umar jika mencukur rambutnya saat haji atau umrah, ia juga memotong jenggot dan kumisnyaโ€ (Fath al-Baarii 16/483)
Dalam riwayat berbeda dinyatakan:


ุนูŽู†ู’ ุฌูŽุงุจูุฑู ู‚ูŽุงู„ูŽ ูƒูู†ู‘ูŽุง ู†ูุนู’ูููŠ ุงู„ุณู‘ูุจูŽุงู„ูŽ ุฅูู„ุงู‘ูŽ ููู‰ ุญูŽุฌู‘ู ุฃูŽูˆู’ ุนูู…ู’ุฑูŽุฉู (ุงุจูˆ ุฏุงูˆุฏ . ุฅุณู†ุงุฏู‡ ุญุณู† ุงู‡ู€ ูุชุญ ุงู„ุจุงุฑูŠ 350/10)


Dari Jabir bin Abdillah โ€œKami (Para Sahabat) memanjangkan jenggot kami kecuali saat haji dan umrahโ€ (HR Abu Dawud, dinilai hasan oleh al-Hafidz Ibnu Hajar)
Ahli hadis Abdul Haq al-โ€˜Adzim berkata:


ูˆูŽูููŠ ุงู„ู’ุญูŽุฏููŠุซ ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ุตู‘ูŽุญูŽุงุจูŽุฉ ูƒูŽุงู†ููˆุง ูŠูู‚ูŽุตู‘ูุฑููˆู†ูŽ ู…ูู†ู’ ุงู„ู„ู‘ูุญู’ูŠูŽุฉ ูููŠ ุงู„ู†ู‘ูุณููƒู (ุนูˆู† ุงู„ู…ุนุจูˆุฏ ุฌ 9 / ุต 246)


โ€œDi dalam riwayat tersebut para sahabat memotong dari jenggot mereka saat ibadah haji atau umrahโ€ (Aun al-Maโ€™bud Syarah Sunan Abi Dawud 9/246)
Dari dua atsar ini menunjukkan bahwa mencukur jenggot tidak haram, karena Abdullah bin Umar dan Sahabat yang lain mencukurnya saat ibadah haji atau umrah. Kalaulah mencukur jenggot haram, maka tidak akan dilakukan oleh para sahabat, terlebih Abdullah bin Umar adalah sahabat yang dikenal paling tekun dalam meneladani Rasulullah Saw hingga ke tempat-tempat dimana Rasulullah pernah melakukan salat.
Imam an-Nawawi berkata:


(ูˆูŽูู‘ูุฑููˆุง ุงู„ู„ู‘ูุญูŽู‰) ููŽุญูŽุตูŽู„ูŽ ุฎูŽู…ู’ุณ ุฑููˆูŽุงูŠูŽุงุช ุฃูŽุนู’ูููˆุง ูˆูŽุฃูŽูˆู’ูููˆุง ูˆูŽุฃูŽุฑู’ุฎููˆุง ูˆูŽุฃูŽุฑู’ุฌููˆุง ูˆูŽูˆูŽูู‘ูุฑููˆุง ูˆูŽู…ูŽุนู’ู†ูŽุงู‡ูŽุง ูƒูู„ู‘ู‡ูŽุง: ุชูŽุฑู’ูƒูู‡ูŽุง ุนูŽู„ูŽู‰ ุญูŽุงู„ู‡ูŽุง. ู‡ูŽุฐูŽุง ู‡ููˆูŽ ุงู„ุธู‘ูŽุงู‡ูุฑ ู…ูู†ู’ ุงู„ู’ุญูŽุฏููŠุซ ุงู„ู‘ูŽุฐููŠ ุชูŽู‚ู’ุชูŽุถููŠู‡ ุฃูŽู„ู’ููŽุงุธู‡ ูˆูŽู‡ููˆูŽ ุงู„ู‘ูŽุฐููŠ ู‚ูŽุงู„ูŽู‡ู ุฌูŽู…ูŽุงุนูŽุฉ ู…ูู†ู’ ุฃูŽุตู’ุญูŽุงุจู†ูŽุง ูˆูŽุบูŽูŠู’ุฑู‡ู…ู’ ู…ูู†ู’ ุงู„ู’ุนูู„ูŽู…ูŽุงุก. ูˆูŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู„ู’ู‚ูŽุงุถููŠ ุนููŠูŽุงุถ ุฑูŽุญูู…ูŽู‡ู ุงู„ู„ู‡ ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ ูŠููƒู’ุฑูŽู‡ ุญูŽู„ู’ู‚ู‡ูŽุง ูˆูŽู‚ูŽุตู‘ู‡ูŽุง ูˆูŽุชูŽุญู’ุฑููŠู‚ู‡ูŽุง ูˆูŽุฃูŽู…ู‘ูŽุง ุงู„ู’ุฃูŽุฎู’ุฐ ู…ูู†ู’ ุทููˆู„ู‡ูŽุง ูˆูŽุนูŽุฑู’ุถู‡ูŽุง ููŽุญูŽุณูŽู† (ุดุฑุญ ุงู„ู†ูˆูˆูŠ ุนู„ู‰ ู…ุณู„ู… – ุฌ 1 / ุต 418)


โ€œDari 5 redaksi riwayat, makna kesemuanya adalah membiarkan jenggot tumbuh sesuai keadaannya. Ini berdasarkan teks hadisnya. Inilah pendapat sekelompok ulama Syafiiyah dan lainnya. Qadli Iyadl berkata: Makruh untuk memotong dan mencukur jenggot. Adapun memotong jenggot dari arah panjang dan lebarnya, maka bagusโ€ (Syarah Muslim 1/418)
Dengan demikian, dapat disimpulkan:


ยซุญูŽู„ู’ู‚ู ุงู„ู„ู‘ูุญู’ูŠูŽุฉูยป ุฐูŽู‡ูŽุจูŽ ุฌูู…ู’ู‡ููˆู’ุฑู ุงู„ู’ููู‚ูŽู‡ูŽุงุกู: ุงู„ู’ุญูŽู†ูŽูููŠู‘ูŽุฉู ูˆูŽุงู„ู’ู…ูŽุงู„ููƒููŠู‘ูŽุฉู ูˆูŽุงู„ู’ุญูŽู†ูŽุงุจูู„ูŽุฉู ูˆูŽู‡ููˆูŽ ู‚ูŽูˆู’ู„ูŒ ุนูู†ู’ุฏูŽ ุงู„ุดู‘ูŽุงููุนููŠู‘ูŽุฉู ุฅูู„ูŽู‰ ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ูŠูŽุญู’ุฑูู…ู ุญูŽู„ู’ู‚ู ุงู„ู„ู‘ูุญู’ูŠูŽุฉู ู„ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ู…ูู†ูŽุงู‚ูุถูŒ ู„ูู„ุฃูŽู…ู’ุฑู ุงู„ู†ู‘ูŽุจูŽูˆููŠู‘ู ุจูุฅูุนู’ููŽุงุฆูู‡ูŽุง ูˆูŽุชูŽูˆู’ูููŠู’ุฑูู‡ูŽุง … ูˆูŽุงู’ู„ุฃูŽุตูŽุญู‘ู ุนูู†ู’ุฏูŽ ุงู„ุดู‘ูŽุงููุนููŠู‘ูŽุฉู: ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุญูŽู„ู’ู‚ูŽ ุงู„ู„ู‘ูุญู’ูŠูŽุฉู ู…ูŽูƒู’ุฑููˆู’ู‡ูŒ (ุงู„ู…ูˆุณูˆุนุฉ ุงู„ูู‚ู‡ูŠุฉ ุฌ 2 / ุต 12894)


โ€œBab tentang mencukur jenggot. Mayoritas ulama fikih, yaitu Hanafiyyah, Malikiyah, Hababilah dan satu pendapat dalam madzhab Syafiiyah menyatakan bahwa mencukur jenggot hukumnya haram, karena bertentangan dengan perintah Nabi untuk membiarkan jenggot hingga sempurna. Dan pendapa yang lebih unggul dalam madzhab Syafiiyah bahwa mencukur jenggot adalah makruhโ€ (Mausuโ€™ah al-Fiqhiyyah 2/12894)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

BIGTheme.net โ€ข Free Website Templates - Downlaod Full Themes